belum terlambat, ini cara daftar bpjs kesehatan dengan mudah dan cepat
Asuransi Kesehatan

Mudah, Cepat, dan praktis, Begini 6 Langkah Mudah Daftar BPJS

Seperti yang kita tahu, bahwa BPJS kesehatan dihadirkan sebagai program pemerintah, di mana ditujukan untuk mempermudahkan masyarakat Indonesia dalam menjangkau berbagai fasilitas kesehatan. Namun, bagi Anda yang sampai saat ini belum mempunyai BPJS, tak perlu khawatir, karena ada cara daftar BPJS kesehatan dengan mudah, cepat dan praktis.

Program yang memang diperuntukkan bagi seluruh warga negara Indonesia ini memang tidak diwajibkan, namun bagi Anda yang baru-baru ini mulai tertarik untuk bisa mendaftarkan diri, tidak perlu khawatir karena belum terlambat untuk bisa memiliki BPJS.

Pelajari Sistem Penggunaan BPJS Sebelum Mendaftar

Sebelumnya, Anda bisa mulai mencari informasi terkait BPJS, hal tersebut dilakukan agar kelak Anda sudah mengerti dan paham dengan sistem dan cara bekerja asuransi BPJS ini. Karena pasti akan ada beberapa ketentuan yang bisa Anda pilih, seperti jenis kelas, jenis pembayaran perbulan, hingga lokasi fasilitas kesehatan yang Anda tuju.

Setelah Anda mengerti semua sistem kerja BPJS, Anda sudah bisa langsung mendaftarkan diri. Mudahnya, kini daftar BPJS kesehatan sudah bisa melalui online selain datang ke kantor BPJS langsung di kota tempat tinggal Anda.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa simak uraian syarat dan langkah musah cara daftar BPJS kesehatan baik offline maupun online berikut ini:

Sebelum mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan, kamu perlu mengetahui syarat pendaftaran BPJS Kesehatan.

Berikut syarat-syarat yang wajib kamu penuhi:

1. Kartu identitas yang masih berlaku (KTP, SIM, Atau Paspor )
2. Kartu Keluarga Atau KK terbaru
3. Buku nikah bagi yang sudah menikah
4. Fotocopy buku tabungan Sebagai penanggung biaya
5. Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 2 Lembar

Baca Juga: Yuk! Ketahui Beberapa Produk Asuransi Kesehatan di Indonesia

Langkah mudah cara daftar BPJS Kesehatan langsung (offline):

  • Siapkan persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar tadi seperti    fotokopi KK, KTP, foto terbaru 3×4 1 lembar, dan juga iuran bulan pertama  sesuai dengan kelas yang Anda inginkan (25 ribu, 42 ribu, atau 59 ribu)
  • .Datangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dari rumahmu. Jika memungkinkan daftarlah secara kolektif dengan koordinasi dari ketua RT agar lebih mudah.
  • Sesampainya di kantor BPJS Kesehatan akan diberikan form pendaftaran. Isilah dengan cermat dan teliti, jangan sampai Anda melakukan penulisan yang salah dengan dokumen yang kamu miliki. Ini karena kesalahan dalam pengisian form dapat menyebabkan masalah dikemudian hari.
  • Setelah formulir sudah diisi, kamu akan diberi virtual account dimana nantinya akan bisa Anda gunakan sebagai media pembayaran maupun transfer dana klaim saat dibutuhkan.
  • Lakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk.
  • Kembali ke kantor BPJS Kesehatan dengan menyerahkan bukti transfer, lalu tunggu hingga kartu BPJS selesai dicetak.

Langkah mudah cara daftar BPJS kesehatan virtual (online):

Jika menurut Anda, mendaftar BPJS secara langsung justru membuat lama, Anda bisa melakukan pendaftaran secara online. Seperti apa cara daftar BPJS secara online?

  • Langkah pertama untuk konfirmasi pendaftaran Anda harus mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), kartu NPWP, serta alamat email serta nomor handphone aktif.
  • Kemudian kunjungi website www.bpjs-kesehatan.go.id dari browser perangkat PC maupun mobile phones/tablet Anda.
  • Isi data yang telah disediakan dengan benar yang mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan yang mencakup Faskes Tingkat I serta Faskes Gigi dengan pilihan instansi yang anda pilih sebagai tempat rujukan, serta yang terakhir khusus untuk Warga Negara Asing (WNA) yang ingin mendapatkan fasilitas BPJS.
  • Pilih biaya iuran perbulan di antara kelas III, kelas II hingga kelas I dengan rentang biaya dari 25.500 hingga 59.500 ribu rupiah perbulannya.
  • Simpan data Anda serta tunggu email notifikasi nomor registrasi di email anda. 6. Setelah Anda dapatkan notifikasinya, print lembar Virtual Account tersebut.
  • Lakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk seperti BNI, BRI, serta Mandiri.
    Setelah menyerahkan uang serta Nomor Virtual pada Teller Bank nanti Anda akan mendapat bukti pembayaran.
  • Sekarang BPJS kesehatan Anda sudah aktif, silahkan cek email Anda karena akan ada balasan dari BPJS berupa E-ID Card Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang bisa diprint sendiri.
  • Selain itu, Anda juga bisa melakukan print kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Untuk melakukan ini Anda langsung saja ke bagian Print kartu BPJS Kesehatan. Cukup memberikan semua data sebelumnya, form isiannya, Virtual account, serta bukti payment.

Namun, bagi Anda yang merasa BPJS saja tidak cukup sebagai perlindungan kesehatan Anda dan keluarga, Anda bisa mengajukan asuransi swasta terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait asuransi dengan perlindungan lengkap dan bantuan klaim cepat, Anda bisa kunjungi link artikel di bawah ini:

https://www.cekaja.com/info/6-langkah-mudah-cara-daftar-bpjs-kesehatan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *