Asuransi Jiwa

Mengenal Lebih Tentang Asuransi Jiwa Kredit

Banyak sekali istilah-istilah yang akan ditemukan jika Anda berniat untuk menggunakan produk asuransi jiwa. Salah satu istilah yang kerap kali dijumpai ialah asuransi jiwa kredit yang mana asuransi ini sering digunakan ketika seseorang akan menggunakan asuransi.

Dalam sebuah kontrak asuransi jiwa, yang dipertanggungkan adalah jiwa dari pihak tertanggung yang mana nantinya berkewajiban membayar premi. Lalu bagi pihak penanggung (perusahaan asuransi) berkewajiban memberi nominal finansial kepada pihak tertanggung, manakala terjadi resiko kerugian yang diakibatkan adanya kematian atau meninggalnya pihak tertanggung.

Sementara itu ada pula istilah asuransi jiwa kredit, yaitu asuransi jiwa dimana yang dipertanggungkan adalah jiwa pihak debitur atau pihak peminjam dari pihak yang tertanggung.

Lalu pihak penanggung memberi santunan sebesar sisa hutang yang belum dilunasi sesuai dengan jadwal pelunasan, jika debitur tertanggung meninggal dalam masa asuransi.

Ciri Asuransi Jiwa Kredit

  1. Asuransi jiwa kredit merupakan asuransi dimana objek yang dipertanggungkan adalah jiwa pengambil kredit yang jumlah pertanggungannya dibatasi sebesar nilai pokok pinjaman ditambah bunga.
  2. Hak klaim timbul apabila debitur tertanggung meninggal dunia dalam kurun waktu pertanggungan.
  3. Apabila diklaim telah dibayar oleh pihak penanggung maka atas sisa pinjaman debitur tertanggung dinyatakan lunas sehingga surat-surat bukti pemilikan jaminannya dikembalikan kepada ahli waris debitur tertanggung atau pemilik jaminan.

Jika melihat semua ciri yang disebutkan diatas, maka dapat dikatakan bahwa pihak penanggung (perusahaan asuransi) tidak mempunyai hak atas sisa pinjaman debitur tertanggung. Sehingga dalam kontrak asuransi jiwa kredit antara penanggung dan tertanggung tidak ada yang dirugikan.

Pemasaran asuransi jiwa kredit biasanya dilakukan dalam bentuk asuransi kumpulan. Pemasaran secara kumpulan merupakan semacam metode penjualan asuransi jiwa kredit secara kelompok.

Plan yang ditawarkan pada umumnya sama seperti asuransi jiwa yang dijual secara perorangan. Supaya Anda lebih paham tentang pemasaran asuransi jiwa kredit dengan metode kumpulan, maka Anda harus mengetahui cirinya yaitu: terdapat satu polis induk, sertifikat diberikan kepada peserta asuransi, premi yang dibayarkan relatif rendah serta adiministrasi sederhana.

Kategori Asuransi Jiwa Kredit

  1. Credit Life Insurance, dimana hak klaim dari tertanggung terbit jika nasabah tertanggung meninggal.
  2. Credit Accident, yaitu hak klaim penutupanya didasarkan jika tertanggung atau peserta asuransi mengalami kecelakaan.
  3. Sickness Insurance, yaitu hak klaim asuransi akan terbit saat tertanggung mengalami sakit parah dan tidak mampu memenuhi kewajibanya dalam perjanjian kredit yang telah disepakati.

Jika Anda ingin bergabung dengan asuransi jiwa kredit alangkah baiknya jika terlebih dahulu mempelajari seluk-beluknya melalui https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa.  Baru  setelah itu Anda bisa menentukan pilihan apakah mau bergabung dengan asuransi jiwa model ini atau menginginkan jenis asuransi jiwa lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *