Istilah Asuransi
Asuransi

Mau Buat Asuransi? Pelajari Dulu Istilah-Istilahnya

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui betul istilah-istilah yang terdapat di asuransi. Padahal istilah-istilah tersebut sangat penting untuk diketahui bukan hanya untuk sekadar menambah wawasan saja, melainkan juga untuk membantu para nasabah untuk mengetahui jenis-jenis asuransi apa saja yang paling mereka butuhkan dan memiliki penawaran menarik. Selain itu, istilah-istilah ini juga dibutuhkan jika nasabah ingin mengajukan klaim serta menghindari dari terjadinya kerugian finansial yang tidak diinginkan.

Istilah Asuransi

1. Klaim

Di dunia asuransi, klaim merupakan salah satu istilah paling lumrah terdengar dan mungkin sudah banyak pengguna asuransi yang mengetahuinya. Pada dasarnya, klaim adalah pengajuan atas manfaat ataupun kerugian yang dialami oleh orang yang tertanggung, yang tentunya disesuaikan dengan kesepakatan di awal.

2. Polis

Seperti yang telah disebutkan di paragraf awal mengenai klaim, polis merupakan surat yang berisikan poin-poin kesepakatan antara pihak asuransi dan orang yang tertanggung berkaitan dengan manfaat ataupun risiko-risiko yang akan didapat oleh kedua belah pihak.

3. Premi

Memiliki asuransi sama saja dengan berinvestasi dan menabung. Dalam arti ialah bahwa orang yang memiliki asuransi juga diharuskan untuk meletakan uang seperti menabung. Nah, premi ini merupakan istilah untuk biaya-biaya yang harus dibayar oleh orang yang tertanggung kepada pihak asuransi sebagai penanggung agar mendapatkan perlindungan dan dapat merasakan manfaat yang ditawarkan oleh sang pihak asuransi.

4. Klausula

Klausula merupakan bagian dari polis yang berupakan pernyataan tertentu atau pernyataan pendukung yang tertera di dalam polis yang berkaitan dengan masalah tertentu di dalam perjanjian asuransi. Perlu diperhatikan bahwa selain ketentuan yang terdapat di dalam polis, pastikan juga bahwa kamu juga memperhatikan klausula yang terdapat di dalam polis.

5. Underwriter

Di dalam dunia asuransi, underwriter merupakan penentu dari segalanya. Ia bertugas untuk meneliti dan melakukan penilaian atas sejumlah risiko setiap pemegang polis serta menentukan apakah pengajuan pemegang polis di terima atau justru di tolak.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran asuransi sangatlah membantu dalam memecahkan berbagai permasalahan finansial yang sering kali kita hadapi, mulai dari permasalahan finansial yang berhubungan dengan kesehatan, perjalanan, keselamatan, hingga investasi jangka panjang.

Hanya saja, banyaknya istilah-istilah asuransi yang bermunculan membuat para pemilik asuransi atau yang akan mengajukan asuransi wajib mengetahuinya, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa yang yang akan datang. Mengetahui istilah juga diperlukan untuk menambah wawasan mu sekaligus menghindari kerugian yang tidak bisa diprediksi.

Selain istilah yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak lagi lho istilah-istilah lainnya yang perlu kamu ketahui. Apa saja kah itu? Baca informasi lebih lanjutnya di https://www.cekaja.com/info/istilah-dalam-asuransi-yang-harus-diketahui-bila-tidak-mau-rugi/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *