Mau Beli Mobil, Pahami Dulu Asuransi All Risk Mobil
Asuransi Kendaraan

Mau Beli Mobil, Pahami Dulu Asuransi All Risk Mobil

Asuransi mobil adalah cara bijak untuk mengupayakan perlindungan terhadap kendaraan, baik yang hanya digunakan untuk pribadi maupun kendaraan dinas dan transportasi umum. Secara garis besar, asuransi mobil terbagi menjadi Asuransi All Risk Mobil dan Asuransi Total Loss Only.

Pengertian Mengenai Asuransi Mobil Secara Umum

Asuransi merupakan bentuk pertanggungan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian antara si penanggung (dalam hal ini perusahaan asuransi) yang mengikatkan diri kepada pihak tertanggung (dalam hal ini nasabah asuransi) dengan menerima sejumlah premi berdasarkan kesepakatan. Jika obyek yang diasuransikan adalah kendaraan atau mobil, maka pihak tertanggung berhak menerima ganti rugi atas kecelakaan, kerusakan, kerugian atau kehilangan termasuk kehilangan keuntungan yang mungkin diderita karena suatu peristiwa tertentu.

Poin-poin penting dalam asuransi adalah:

Polis Asuransi

Merupakan suatu kontrak berisi perjanjian antara pihak tertanggung yaitu pemilik mobil dan perusahaan asuransi. Perjanjian ini berisi syarat-syarat dan ketentuan kontrak, rincian tanggungan dan biaya premi yang harus dibayar pemilik mobil dalam kurun waktu tertentu.

Premi Asuransi

Merupakan pembayaran sebagai bentuk kepesertaan dan besarnya berupa prosentase yang telah ditentukan dari harga mobil

Klaim Asuransi

Merupakan permohonan dari pihak pemegang polis untuk meminta pertanggungjawaban pihak asuransi sebagai bentuk timbal balik kepesertaan ketika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Jaminan Asuransi

Merupakan bentuk kesepakatan pihak asuransi yang tercantum dalam polis mengenai poin-poin kerusakan atau kehilangan dari mobil dan atau bagian mobil yang diasuransikan.

Pengertian Asuransi All Risk

Asuransi All Risk dapat diartikan sebagai asuransi “semua risiko” Istilah lain untuk menyebut asuransi All Risk adalah Comprehensive yang artinya keseluruhan. Sesuai dengan namanya, asuransi All Risk memastikan akan membayar ganti rugi atas segala jenis kerusakan ringan maupun berat dan juga kehilangan kendaraan. Hal ini berbeda dengan Asuransi Total Loss Only yang hanya membayar kerugian ketika kerusakan yang terjadi mencapai di atas 75 persen harga mobil.

Info Mengenai Kredit Kendaraan Online

Sebagai konsekuensi atas total proteksi yang diberikan, maka premi asuransi All Risk lebih mahal dibandingkan premi asuransi Total Lost Only. Besarnya premi asuransi All Risk bisa dihitung dengan cepat melalui fitur simulasi premi asuransi di website perusahaan asuransi. Untuk mendapatkan informasi yang akurat pastikan memasukkan informasi yang benar mengenai merk mobil dan type (di beberapa situs perusahaan asuransi kolom ini digantikan dengan “harga mobil”), tahun kendaraan, kode plat mobil dan jangan lupa memberikan klik untuk opsi jenis perlindungan All Risk/Comprehensive.

Agar lebih paham mengenai asuransi All Risk Mobil, ada baiknya membaca penjelasan detailnya secara langsung di https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan. Pemahaman tentang seluk beluk asuransi membantu konsumen mendapatkan wawasan yang cukup sebelum membeli premi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *