Cara Budidaya Ternak Ayam Pedaging Khusus untuk Pemula
Bisnis

Cara Budidaya Ternak Ayam Pedaging Khusus untuk Pemula

Cara budidaya ternak ayam pedaging yang benar tentunya wajib untuk dipelajari khususnya bagi Anda yang ingin mencoba bisnis di bidang ini. Bisnis ini dianggap cukup menguntungkan karena ayam merupakan salah satu bahan pokok yang banyak dicari.

Meski terlihat mudah, namun untuk membudidayakan ayam pedaging tak sesederhana yang dipikirkan banyak orang. Ada banyak hal yang wajib diperhatikan agar budidaya ternak pedaging berhasil dan sukses.

Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia budidaya ternak ayam pedaging, perhatikan beberapa hal di bawah ini agar Anda terhindar dari kegagalan yang berujung pada kerugian. 

1. Pemilihan Lokasi Kandang yang Tepat

Poin pertama yang harus diperhatikan dalam pembudidayaan ayam ternak adalah pemilihan lokasi kandang yang tepat. Karena untuk membudidayakan ayam ternak pastinya Anda membutuhkan kandang.

Nah, lokasi yang jauh dari pemukiman warga merupakan lokasi yang ideal karena tidak bising. Perhatikan juga apakah lokasi tersebut mudah dijangkau atau tidak dan pastikan jika kandang tersebut dekat dengan sumber air.

2. Pemilihan Bibit Terbaik

Setelah memilih lokasi yang tepat, pemilihan bibit terbaik pun harus Anda perhatikan. Ada beberapa hal yang wajib Anda lihat pada saat memiih bibit. Yang pertama bibit tersebut harus aktif bergerak, sehat dan pastinya tidak sakit atau cacat. 

Kemudian, pilih juga bibit yang mempunyai tubuh bulat, berisi dan gemuk. Pastikan juga bulu bibit tidak terlihat kusam dan jangan lupa perhatikan pada bagian sekitar anus. Jika bagian di sekitar anus bersih dan bibit tersebut juga memiliki hidung yang bersih dan mata tajam, maka bisa dipastikan jika bibit tersebut sehat.

3. Perhatikan Pada Saat Pemberian Pakan

Memahami cara pemberian pakan yang benar menjadi kunci sukses budidaya ayam ternak pedaging. Pastikan jika Anda memberikan nutrisi yang tepat sehingga ayam bisa tumbuh dengan maksimal.

Anda bisa menggunakan sistem adlibitum untuk pemberian pakan, yakni dengan cara menyediakan makanan tanpa batas.  Dengan begitu, kesehatan ayam Anda akan lebih terjamin.

4. Cara Pemeliharaan yang Benar

Kesuksesan budidaya ternak ayam pedaging pastinya tak lepas dari cara pemeliharaan yang benar, karena jika salah sedikit saja maka akan dapat membuat Anda merugi. Maka perhatikan beberapa langkah di berikut ini.

Untuk minggu pertama bibit ayam harus dimasukkan ke dalam inkubator selama tujuh hari pertama bersama dengan pakan dan air hangat. Anda bisa memberikan crumbles sebagai pakannya.

Setelah memasuki minggu kedua Anda bisa menurunkan suhu pada pemanas dan masih berikan crumbles sebagai pakan.

Memasuki hari ke 15 bibit ayam pun sudah tidak membutuhkan pemanas hingga memasuki hari ke 22, bulu bulu ayam akan mulai tumbuh. Pada saat ini Anda harus menyediakan pakan dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya.

Jika sudah memasuki minggu ke lima, Anda harus mulai memperhatikan kebersihan kandang. Pada fase ini, ayam sudah mulai mengeluarkan kotoran sehingga Anda wajib membersihkan kebersihan kandang secara berkala untuk menjaga kesehatan ayam.

5. Mulai Panen

Jika ayam sudah siap dipanen, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pada saat penangkapan ayam selama masa panen, Anda tidak bisa melakukannya secara tergesa–gesa. Itu karena hal ini dapat membuat ayam menjadi lemas dan mati.

Selain itu, hindari untuk menangkap ayam dari bagian sayap dengan cara menariknya. Karena hal ini akan membuat ayam berontak dan menjadi stress sehingga membuat ayam mati.

Untuk menangkap ayam, mulanya Anda bisa memegang kaki ayam lalu pegang pada bagian dada dan angkat tubuh ayam ke atas. Jangan lupa untuk menghitung bobot ayam sebelum menjualnya.

6. Sanitasi Hama Kandang

Setelah panen selesai, tugas Anda belum usai karena Anda wajib melakukan pengapuran di bagian dinding serta lantai sebagai upaya sanitasi pasca panen. Semprotkan juga formalin untuk membunuh bibit penyakit. 

Setelah itu Anda masih harus menunggu hingga 10 hari hingga memasukkan bibit ayam baru. Budidaya ternak ayam pedaging memang susah-susah gampang, asal Anda tahu bagaimana caranya pasti mudah. Semoga tips dan cara di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

https://www.cekaja.com/info/cara-budidaya-ternak-ayam-pedaging-yang-menjanjikan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *