Asuransi Kesehatan

BPJS Sebagai Asuransi Kesehatan yang Terjangkau untuk Rakyat.

BPJS keshatan sebagai asuransi kesehatan yang membantu kita untuk mendapatkan akses pada fasilitas rumah sakit. Diluncurkan pada tahun 2014 dimana hasilnya sudah bisa kita rasakan, dilihat dari banyaknya masyarakat yang berbondong-bondong datang kerumah sakit untuk menikmati fasilitas seperti kontrol, cuci darah dan pengobatan lainnya. Sebelumnya saat BPJS masih bernama ASKES, fasilitas kesehatan yang diberikan oleh pemerintah hanya dapat di nikmati oleh PNS dan ABRI. Dengan hadirnya BPJS, pengobatan dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indoensia. Walaupun pengetahuan terhadap perbedaan jenis asuransi diketahui oleh banyak masyarakat, BPJS menjadi asuransi yang paling diminati oleh masyarakat menengah kebawah.

Program BPJS memiliki beberapa tingkatan kelas, kelas tiga sebagai yang paling rendah, tingkat menegah yaitu kelas dua, dan yang paling teratas adalah kelas satu. Dalam tiap kelas mendapatkan fasilitas yang berbeda, dan tentu saja untuk kelas satu mendapatkan fasilitas yang jauh lebih baik ketimbang kelas tiga. Setiap kelas memiliki pembayaran iuran yang berbeda-beda untuk kelas satu lebih tinggi ketimbang kedua kelas sebelumnya. Walaupun terdapat perbedaan layanan dan pembayaran pada dua kelas BPJS menjadi salah satu jenis asuransi kesehatan yang murah.

Banyaknya keluhan

Walaupun sudah hampir limatahun  pemerintah memperkenalkan kita kepada BPJS kesehatan, masih terdapat kekurangan dalam penyelanggaraan program. Banyaknya pasien BPJS memiliki kesulitan untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan. kesulitan yang harus dihadapi seperti antrian yang lama, dikarenakan prosedurnya yang cenderung sangat panjang, ditambah dengan jumlah pasien BPJS yang banyak membuat sulitnya untuk mendapatkan pengobatan.

Banyaknya rumah sakit yang tidak melayani pasien BPJS sangat membingungkan masyarakat saat ingin melakukan pengobatan. Di tambah banyaknya rumah sakit yang kontraknya bersama BPJS belum di perpanjang yang membuat rumah sakit menghentikan layanan untuk pasien BPJS untuk dihentikan. Pasien BPJS yang sebelumnya melakukan rawat jalan dirumah sakit tersebut harus membayar atau mengganti rumah sakit.

Meminta rujukan kepada puskesmas untuk dirawat dirumah sakit pun menjadi salah satu kerumitan yang harus dihadapi oleh masyarakat, banyak pasien yang akhirnya tidak mendapatkan pelayanan asuransinya dan memutuskan untuk mebayar sendiri pengobatanya agar prosedurnya dipercepat.

 Bagaimana dengan asuransi kesehatan swasta?

Walaupun dengan hadirnya BPJS kesehatan asuransi swasta masih banyak diminati oleh masyarakat. Selain karena banyaknya kendala saat menggunakan BPJS untuk berobat kerumah sakit, dengan kehadiran BPJS kita semua bisa merasakan langsung manfaat asuransi kesehatan.

Dengan pemerintah memperkenalkan asuransi sebagai sebuah program yang disubsidi, banyak produk-produk asuransi kesehatan yang murah mulai dikenal oleh banyak masyarakat. Masyarakat yang peduli terhadap keshatan membuat mereka mencoba untuk mencari produk-produk asuransi yang lebih murah namun dengan pelayanan yang lebih baik ketimbang BPJS. Maka itulah pentingnya BPJS, selain memberikan pelayanan kesehatan yang murah bagi masyarakat Indonesia, BPJS juga diperkenalkan untuk memberikan pengalaman betapa penting dan bermanfaat asuransi kesehatan untuk kita.

Selain BPJS terdapat asuransi lainnya yang bermanfaat untuk anda. Dengan harga yang sesuai dengan pengeluaran anda, dan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Anda bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/info/mengenal-perbedaan-jenis-asuransi-untuk-proteksi-aset-dan-diri/ untuk melihat lebih lanjut beberapa jenis asuransi yang dapat memudahkan kehidupan anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *