Investasi

Banyak Untungnya, Ini Pengertian KJP, Tips Menggunakan, Hingga Cara Cek Saldo

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, yang saat ini dipimpin Gubernur Anies Baswedan, membuat program bernama KJP Plus atau Kartu Jakarta Pintar, yang diperuntukkan untuk membantu membiayai sekolah anak dari tingkat SD sampai SMA/SMK. KJP Plus memiliki banyak keuntungan dan pelayanan bagi anak sekolah khususnya warga Jakarta, mulai dari bisa digunakan untuk membeli alat tulis, belanja ke supermaket, hingga naik busway. Selain itu rincian saldo KJP juga bisa dilihat. Bagaimana caranya? Begini cara cek saldo Kartu Jakarta Pintar.

Bagi Anda warga Jakarta yang masih belum tahu, bahwa KJP bisa dilakukan pengecekan saldo, berikut 2 cara mudah mengeceknya:

1. Melalui ATM Bank DKI

– Masukan KJP ke dalam mesin ATM Bank DKI
– Masukan pin yang Anda buat untuk KJP
– Tekat pilikan “Informasi Saldo”
– Tunggu beberapa saat, dan informasi dan rincian saldo KJP Anda pun akan tertera di layar mesin ATM

Baca Juga: Banyak Fintech Ilegal, Edukasi Terkait Pinjaman Cepat Online Yang Aman Perlu Diadakan

2. Melalui Aplikasi JakOne Mobile

– Unduh aplikasi JakOne Mobile di ponsel Anda yang didukung sistem Android Kitkat dan iOs 8.
– Setelah itu lakukan registrasi JakOne Mobile
– Lalu, hubungkan JakOne Mobile dengan KJP Plus. Caranya:
– Login aplikasi JakOne Mobile
– Tekan tombol menu
– Pilih menu rekening dan kartu
– Masukkan nomor kartu dan PIN ATM KJP Plus
– Pastikan data nomor ponsel sudah sama, lalu pilih lanjutkan
– Aplikasi JakOne telah tersambung KJP Plus
– Kemudian pilih informasi saldo untuk mengetahui dana KJP Plus.

Sasaran Penerima Kartu Jakarta Pintar

Fasilitas yang diberikan KJP Plus cukup membantu, dimana sasaran KJP Plus yang pertama adalah warga DKI Jakarta usia 6-21 tahun, yang sudah bersekolah, bahkan anak yang tidak sekolah atau putus sekolah pun bisa mendapatkan Kartu Jakarta Pintar ini.

Yang kedua adalah wajib bertempat tinggal dan bersekolah di DKI Jakarta, dan yang terakhir berasal dari keluarga tidak mampu. Selain itu, rincian keuntungan KJP Plus juga lebih banyak ketimbang KJP sebelumnya, yang saat itu dipegang oleh Jokowi – Ahok.

Keuntungan Kartu Jakarta Pintar “Plus”

Keuntungan KJP Plus saat ini antara lain adalah jumlah dana yang diterima siswa lebih besar, bisa digunakan untuk tunai (ongkos transportasi dan uang saku) serta non-tunai (untuk perlengkapan sekolah).

Tidak hanya itu, bagi siswa kelas XII, bisa mendapatkan dana tambahan sebesar Rp. 500 ribu yang bisa digunakan untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Keuntungan yang terakhir adalah pengguna KJP Plus bisa mendapatkan layanan gratis masuk ke beberapa tempat rekreasi dan edukasi, bahkan bisa digunakan juga untuk berbelanja makanan murah.

Namun, kembali lagi dari penggunaan utama terbentuknya Kartu Jakarta Pintar, yang tujuannya adalah untuk membantu kebutuhan yang berhubungan dengan pendidikan siswa. Sehingga akan lebih baik jika dana tersebut digunakan sebagaimana mestinya. Untuk bisa mengontrol pemakaian dana KJP agar tidak boros, ada baiknya Anda mempelajari tips menggunakan KJP untuk anak sekolah.

Baca informasi selengkapnya terkait tips menggunakan dana KJP agar tetap terkontrol, di link berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/cara-cek-saldo-kartu-jakarta-pintar-dan-tips-cerdas-menggunakannya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *