Asuransi Jiwa

7 Manfaat yang Didapat Dari Asuransi Jiwa

Berbicara mengenai asuransi sama halnya dengan membicarakan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kematian, cacat, kecelakaan, penyakit dan lain-lain. Namun tak dapat dipungkiri bahwa asuransi memiliki peran penting dalam melindungi keluarga dari berbagai hal yang tidak diinginkan tersebut.

Seiring dengan kebutuhan akan perlindungan yang semakin kompleks, produk asuransi yang ditawarkan di Indonesia pun semakin beragam, salah satunya asuransi jiwa. Lalu apa itu asuransi jiwa dan manfaat asuransi jiwa yang bisa didapat oleh pemegang polis?

Asuransi jiwa merupakan bentuk perlindungan dari kerugian finansial yang mungkin terjadi akibat meninggal dunia terlalu cepat atau hidup yang terlalu lama. Manfaat asuransi jiwa akan semakin efektif jika pemegang polis memiliki tanggungan yaitu keluarga, istri dan anak. Karena perlindungan asuransi jiwa akan diberikan dalam bentuk uang pertanggungan kepada ahli waris ketika yang tertanggung meninggal dunia. Uang pertanggungan ini dapat digunakan ahli waris untuk memenuhi kebutuhan finansial.

Lalu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari asuransi jiwa?

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi jiwa adalah sebagai berikut:

  1. Perlindungan untuk keluarga. Kematian adalah hal yang pasti, yang tidak pasti tentang kematian adalah waktu kapan dia datang, karenanya melindungi keluarga dari kesulitan finansial ketika ditinggal meninggal yang tertanggung sangatlah penting.
  2. Simpanan. Premi asuransi jiwa yang telah terkumpul selama bertahun-tahun dapat ditarik pada kemudian hari saat dibutuhkan. Dana ini dapat digunakan oleh pemegang polis untuk membiayai pendidikan anak, modal usaha, atau membayar hutang.
  3. Perlindungan aset. Dalam proses peralihan warisan, asuransi biasanya menanggung biaya seperti notaris, biaya peralihan dana dan biaya lainnya yang dibutuhkan.
  4. Mengurangi risiko beban hutang kepada ahli waris. Ketika yang tertanggung meninggal dunia, hutang yang tertanggung kemudian akan dialihkan kepada ahli waris. Tanpa bantuan dana pertanggungan dari asuransi, hutang ini tentu akan semakin memberatkan kehidupan ahli waris.
  5. Mengurangi risiko cacat permanen. Cacat permanen yang terjadi pada tertanggung mungkin akan membuat tertanggung sulit untuk bekerja. Maka, dengan uang penanggungan dari asuransi, keluarga dapat terhindar dari kesulitan finansial karena kehilangan pemasukan, dan dapat digunakan untuk membiayai pengobatan dan terapi yang mungkin dibutuhkan oleh tertanggung.
  6. Aset yang terlindungi. Tidak seperti berinvestasi dalam dunia saham atau reksadana, berinvestasi pada asuransi dinilai cukup aman, karena risiko kehilangan uang cukup rendah. Walau jumlah keuntungan yang didapat pun tidak sebesar keuntungan yang mungkin didapat dari investasi saham atau reksadana. Hal ini dikarenakan, saat suatu perusahaan mengalami kebangkrutan, maka pemegang saham akan berada di barisan paling akhir pembagian. Itu pun, jika terdapat sisa dari penjual aset yang telah dilakukan perusahaan setelah membayar gaji karyawan dan hutang.
  7. Menentramkan hati. Saat anda merasa tenang, karena keluarga Anda terlindungi, tentu produktivitas Anda juga semakin membaik bukan?

Itulah tadi 7 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari asuransi jiwa. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar asuransi jiwa yang tepat untuk melindungi anda dan keluarga, anda dapat mengakses laman https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *