jenis asuransi
Asuransi Kendaraan

3 Jenis Asuransi Mobil yang Memiliki Ketentuan Berbeda

Bagi anda yang memiliki mobil, tentu harus mengetahui jenis asuransi mobil yang terbaik untuk anda. Selain rutin membawa mobil anda  pergi ke bengkel demi mendapatkan perawatan, anda juga harus mempertimbangkan untuk melengkapi mobil anda dengan adanya asuransi mobil.

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Bagi sebagian besar masyarakat, asuransi tidak lagi menjadi kebutuhan tersier, tetapi juga sudah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Terutama bagi mereka yang memiliki tingkat taraf hidup diatas rata-rata. Hal ini bukan tanpa sebab karena dengan adanya asuransi inilah maka mereka bisa memberikan perlindungan terhadap property, asset hingga kendaraan bermotor yang mereka miliki.

Salah satu asuransi yang paling terkenal adalah asuransi mobil. Kehadiran asuransi mobil ini sendiri akan memberikan rasa tenang tersendiri jika sewaktu-waktu ada kejadian yang menimpa pada mobil anda seperti adanya kerusakan bahkan pencurian mobil. Tidak heran jika keinginan untuk memiliki asuransi mobil ini semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Mendapatkan asuransi mobil sendiri bisa dibilang tidak mudah. Bahkan jika anda tidak mengetahui jenis asuransi untuk mobil seperti apakah yang akan anda pilih. Untuk menjawab semua pertanyaan anda mengenai asuransi mobil, terlebih dahulu anda perlu menyimak ulasan mengenai jenis asuransi untuk mobil yang terbaik untuk anda.

  • Asuransi All Risk

Asuransi all risk ini juga dikenal dengan asuransi comprehensive. Dimana asuransi ini akan memberikan perlindungan ataupun penggantian biaya dan menjamin risiko baik itu ringan hingga berat seperti kehilangan kendaraan.

Secara singkat, perusahaan yang menawarkan jenis asuransi mobil ini akan mengganti ataupun menanggung semua biaya yang berkaitan dengan kejadian yang menimpa kendaraan anda.

Bahkan bagi anda yang mendapati mobil mengalami kerusakan sedikitpun masih bisa melakukan klaim kerusakan. Karena nilai pertanggungan tersebut akan meliputi semua jenis risiko, maka biasanya jumlah premi yang harus dibayarkan oleh para pemilik asuransi juga cukup mahal. Bahkan pertanggungan asuransi ini juga bisa diperluas lagi, seperti diakibatkan karena adanya risiko huru-hara hingga menambahkan aksesori pada mobil,

Jenis asuransi seperti ini sangat cocok bagi anda yang memiliki mobil dimana digunakan sehari-hari untuk mempermudah aktivitas anda. Mengingat lalu lintas semakin padat terutama seperti yang terjadi di perkotaan maka potensi mobil mengalami kerusakan juga akan semakin besar seperti terserempet ataupun tertabrak kendaraan yang lainnya.

Baca Juga: Tips Memilih Pinjaman Online yang Terbaik

  • Asuransi Total Loss Only

Jenis asuransi mobil yang berikutnya adalah TLO atau total loss only. Jenis asuransi ini biasanya akan memberikan jaminan atau pertanggungjawaban jika kendaraan mengalami kerusakan yang berat bahkan dicuri oleh orang lain. Sehingga jika mobil hanya mengalami lecet-lecet maka jenis asuransi ini tidak akan menerimanya. Untuk kerusakan sendiri, mobil harus mengalami kerusakan sebanyak 75% dari harga kendaraan.

Tidak heran apabila pengajuan asuransi ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Karena jenis pertanggungannya tidak secara menyeluruh maka nilai premi asuransi ini biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan asuransi lainnya.

  • Asuransi Kombinasi

Masih ada jenis asuransi lainnya yang bisa anda pilih yakni asuransi kombinasi. Asuransi ini sendiri merupakan kombinasi dari asuransi jenis all risk dan total loss only. Maksudnya disini adalah semua jenis kerusakan baik itu kerusakan berskala kecil hingga besar bahkan kehilangan kendaraan anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang anda pilih.

Teknis pemberian asuransi jenis ini sendiri bisa tergantung dengan pilihan jenis pertanggungan yang diberikan oleh sebuah perusahaan asuransi. Di tahun pertama biasanya pertanggungannya adalah asuransi jenis all risk. Sedangkan di tahun ke 2 adalah jenis asuransi total loss only. Biasanya jenis asuransi yang satu ini juga bisa menyesuaikan dengan kondisi kendaraan yang anda miliki.

Untuk melakukan pengajuan asuransi tersebut tidaklah sulit dimana anda bisa langsung memenuhi beberapa syarat dokumen yang harus anda persiapkan seperti adanya fotokopi polis untuk asuransi kendaraan, fotokopi SIM, KTP, surat pembayaran premi dan yang lainnya. Bagi anda yang sedang mencari perusahaan asuransi yang menawarkan jenis asuransi mobil sesuai kebutuhan, https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan bisa menjadi solusi terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *